Sunday 15 May 2016

Manfaat kunyit untuk kucing atau anjing

Tiger, Candy and Bobby


Tiger
Tiger kami bawa ke rumah pada tanggal 18 Maret 2016. Setelah seminggu ditepi jalan di dalam kandangnya. Meski kandangnya ditutupi tetapi jika hujan angin, maka seluruh kandangnya akan basah dan dia kedinginan oleh air hujan. Jika panas pun ia akan kepanasan. Kerena iba, dan tidak tega melihatnya, kami membawanya pulang.

Tiger terlihat tampak kurus dan ia tidak ceria. Kami mengira ia mungkin stress dan sedih karena dibuang oleh pemilik sebelumnya dan diletakkan ditepi jalan tanpa perduli apakah dia kehujanan dan kedinginan.

Ketika Tiger kami keluarkan dari kandangnya, ia menjilati batu dan dinding tembok. Kami mengira dia kekurangan kalsium dan juga kurang nutrisi. Kami mencoba memberinya makanan basah, dan juga memberinya ikan, daging sapi dan ayam. Selama tiga minggu kebiasaan dia menjilati batu dan dinding lama-kelamaan hilang. Kemudian dia lebih aktif sedikit. Ini sangat mengembirakan dan sangat membahagiakan kami. Kami berusaha menganti makanan Tiger setiap pagi, siang dan malam agar ia makin sehat dan siap untuk kami vaksin. Ia harus kuat untuk di vaksin.

Yang tak kalah mengharukan adalah sejak Tiger datang, ia dapat berkawan dengan anjing kami yaitu Bobby dan Candy. Mereka juga menyayangi Tiger. Mereka main sama-sama. Mereka bisa saling menyayangi meskipun berbeda jenis, sementara manusia banyak yang lebih suka menebarkan kebencian daripada kasih sayang. Menyedihkan.

Tak lama kemudian kami membawa Tiger ke rumah sakit hewan untuk diberi vaksin. Sebab keadaannya sudah nampak lebih kuat. Sebelum diberikan vaksin kami putuskan untuk melakukan check darah dulu agar tahu benar-benar kondisinya sehingga vaksin tidak membahayakan dia. Hasil test kami dapatkan sungguh mengagetkan kami bahwa Tiger sakit. Ia terkena Feline Coronavirus. Sehingga tidak memungkinkan untuk diteruskan divaksin. Rasanya hancur hati kami ketika Dokter mengatakan bahwa tidak ada obatnya. Menurut Dokter, kondisinya makin hari makin lemah dan jika berjalan tidak akan kuat untuk berjalan, ia akan sering jatuh. Seharian saya menangis, tidak dapat makan. Kami telah jatuh cinta kepada Tiger. Ia kucing yang manis, baik dan tidak nakal. Ia sangat tahu diri.

Suami saya meminta saya untuk memberikan kunir/kunyit setiap hari dalam makanannya karena kunyit mengandung anti inflamasi dan anti septic. Saya kupas dan tumbuk halus kunyit dan campurkan dalam sarapan, makan siang dan makan malamnya.  Saya rela tangan saya berubah menjadi warna kuning, demi kesembuhan Tiger. Bahkan suami saya memasakan ikan salmon khusus untuk Tiger. Ia begitu bahagia ketika Tiger lahap memakannya. Sungguh beruntung memiliki suami yang sama-sama pecinta hewan dan memiliki hati yang penuh kasih terhadap sesama.

Memasukan kunyit ke dalam makanannya ternyata membuat rasa makanannya berubah, Tiger menjadi tidak mau makan sama sekali. Akhirnya kami menyuntikan jamu kunyitnya ke dalam mulutnya agar ia bisa menikmati makannya tanpa berubah rasa.

Kami akan melakukan ikhtiar/usaha semampu kami dengan mengobatinya dengan kunyit dan juga memberinya sedikit wortel. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah SWT. Jika Allah menginginkan kami membawa Tiger kemana pun kami pergi maka Allah dengan mudah mengangkat semua penyakitnya. Kami akan melakukan test lagi pada awal juni, semoga kunir/kunyit menjadi penyembuhnya dan juga kasih sayang dari kami akan membuat dia bersemangat dan dia menjadi kuat untuk terus bertahan hidup. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. La Hawla Wala Quwwata Illa Billah

Ketika membawa Tiger ke rumah, tidak ada terlintas dalam benak saya bahwa ia akan menyusahkan kami. Yang ada hanyalah kasih sayang terhadap sesama mahkluk hidup. Saya di didik sejak kecil oleh orangtua saya agar menjadi manusia yang memiliki kasih sayang terhadap mahkluk lain. Menolong siapapun tidak terlintas dalam pikiran saya akan pamrih. Yang dalam hati hanyalah kasih sayang. 

Sekarang kami tahu kenapa Tiger dibuang. Ia dibuang karena ia sakit sehingga akan menyusahkan pemiliknya. Itulah manusia jika memiliki peliharaan jika sakit atau tua akan mereka buang ke jalan. Banyak sekali anjing dan kucing yang dibuang karena mereka dianggap menyusahkan. Saya tidak membayangkan jika yang membuang itu jika tua atau sakit dibuang oleh anak-anaknya karena dianggap menyusahkan. Hanya manusia yang kering kasih sayang yang tega melakukan itu. Meskipun mereka hanya anjing atau kucing tetapi mereka memiliki naluri menyayangi. Mereka juga sedih dan menderita jika dibuang ke jalan. Anjing dan kucing yang sejak kecil dipelihara dan diberi makan maka jika dibuang akan sulit untuk mereka bertahan dilingkungan luar yang harus makan sampah. Mereka akan cepat sakit dan kemudian mati. Bisa juga  sakit atau mati karena mereka tidak biasa dengan makanan kotor ataupun diserang anjing dan kucing liar yang sudah biasa hidup di luar. Mereka akan sulit untuk bertahan hidup. 

Anjing dan Kucing jelas berbeda dengan manusia. Anak manusia harus kita lepaskan untuk hidup mandiri. Anak manusia harus bisa lepas dari ketergantungan daripada orang tua mereka.  Kalau anjing dan kucing akan selamanya bergantung hidup kepada kita. Keberadaan mereka mengajarkan kita akan arti kesabaran dan ketulusan tanpa pamrih. Meskipun mereka tidak dapat memberikan balasan berupa benda material tetapi mereka bisa memberikan kita cinta, kasih sayang, ketulusan dan kesetiaan tanpa batas dan rela memberikan nyawa mereka untuk kita. Kesetiaan dan ketulusan yang tidak mungkin kita dapatkan dari manusia.

Kami yakin bahwa kasih sayang akan memberikan "obat" tersendiri untuk Tiger. Karena kasih sayang adalah penyemangat hidup dan memberikan energi positif kepada siapapun. Kami akan berikan kasih sayang kami untuk Tiger. Cinta adalah obat paling mujarab dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Jika pun usaha kami gagal dengan kunir/kunyit dan Tiger betul-betul pergi seperti perkiraan dokter maka setidaknya diakhir hidupnya ia pernah merasakan kasih sayang dari kami. Kami sungguh berharap ada keajaiban dari Allah untuk kesembuhan Tiger.  Kami memohon doa juga dari pembaca, kerana semakin banyak yang mendoakan kesembuhan Tiger maka semesta alam akan membantu. Saya ucapkan banyak terima kasih karena telah sudi membaca blog saya yang tak seberapa ini. Semoga pembaca sekalian selalu diberkahi rahmat (kasih sayang) oleh Tuhan YME. Semoga umur yang diberikan oleh Sang Pencipta membawa manfaat untuk membantu mahkluk lain. Aamiin.

#kucing#anjing#kunir#kunyit#mahklukAllah#





2 comments:

  1. Coretan penuh kasih sayang. Terima kasih. Apakhabar tiger? Saya juga ada seekor kuching yang sedang dalam kondisi sakit yang sama. Bagus petua kunyitnya.. Saya akan mencubanya. Terima kasih😊

    ReplyDelete

Bobby, sang pelipur lara telah pergi untuk selamanya...

Bobby in loving memory Jiwa yang baik telah pergi Rabu, 26 Desember 2018. Bobby pergi dalam usia 13 tahun dengan berbagai probl...