Friday 28 October 2016

SARAPAN PAGI ALA MALAYSIA




Jika anda berkesempatan berkunjung ke negerinya UPIN IPIN maka tidak ada salahnya anda mencicipi sarapan pagi ala Malaysia.  Orang Malaysia umumnya sarapan pagi dengan nasi lemak atau roti canai kuah kari di kedai (warung) India muslim, di Malaysia dikenal dengan Kedai MAMAK, artinya warung India muslim.



Untuk nasi lemak banyak juga disajikan dihotel sebagai menu pilihan atau juga di jual diberbagai tempat. Menu nasi lemak, hampir sama dengan nasi liwet Sunda dan nasi Liwet Solo. Beras yang dimasak dengan diberi santan dan bumbu serta dilengkapi telur, ikan teri, kacang oreng, irisan timun dan sambal, untuk yang special dilengkapi dengan ayam goreng atau rendang. Letak kenikmatan nasi lemak itu adalah pada sambalnya. Jika sambalnya tidak enak maka menjadi kurang kenikmatan nasi lemak tersebut.



Selain nasi lemak untuk sarapan pagi, anda juga bisa mencoba sarapan pagi masakan India. Bagi pengemar kari hal ini tentu surganya untuk menikmati citra rasa masakan India, yaitu roti canai (roti prata) yang diberi kuah kari ayam, kambing atau ikan serta kacang dal yang banyak terdapat di berbagai tempat di Kuala Lumpur yang menyediakan masakan India. 

Saat ini, di Indonesia tersedia roti Canai/Prata yang sudah dibekukan dan siap untuk disajikan diberbagai supermarket. Anda tinggal memanasi dengan mentega/sedikit minyak lalu siapkan kuah kari yang ada sukai maka dalam sekejap anda akan dapat menikmati roti canai tanpa harus jauh-jauh ke Malaysia atau India:)

Selamat mencoba:)

No comments:

Post a Comment

Bobby, sang pelipur lara telah pergi untuk selamanya...

Bobby in loving memory Jiwa yang baik telah pergi Rabu, 26 Desember 2018. Bobby pergi dalam usia 13 tahun dengan berbagai probl...