Sunday 16 June 2013

H A T I



“ Di dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging, jika segumpal daging itu rusak maka rusaklah seluruh tubuh manusia itu, segumpal daging itu adalah hati “. Sekiranya itu benar maka jika kita memiliki hati yang tidak baik maka tubuh kita akan rusak, mungkin karena hati kita rusak membuat kita menjadi berpikir tidak baik / negatif dan aura yang kita keluarkan menjadi tidak baik dan mempengaruhi segala sikap dan tingkah laku kita, karena di dalam  pikiran hanya ada sesuatu yang buruk.


Jika hati terdapat di dalam tubuh kita, maka tentulah kita yang memilikinya, dan kita bebas menentukan kepada siapa saja memberikan hati kita, tidak ada seorangpun di dunia ini yang dapat memaksakan kita untuk memberikan hati kita untuknya. Meski ada yang berkata bahwa harta dapat membeli hati (cinta) tapi saya tidak sependapat, harta tidak dapat membeli hati. Yang dapat dibeli oleh harta adalah keserakahan, kepalsuan dan kemalasan bekerja, hanya mau menikmati hidup tanpa mau berusaha, bekerja dan berjuang. Walaupun segala keperluan dari ujung kaki sampai rambut dipenuhi, segala fasilitas yang mewah, semua serba ada tapi hati tidak dapat dipaksakan untuk mencintai, mungkin manusia dapat bersandiwara sepanjang hidupnya tapi manusia tidak dapat membohongi hati nurani, maka segala yang dia lakukan penuh dengan ketidak ikhlasan karena tidak dari hatinya. Ragawi dapat dimiliki tapi tidak dengan hati, karena hanya hati itulah yang betul-betul kita miliki, jadi tidak siapapun yang dapat memaksa apalagi mengaturnya. Hati adalah hak prerogatif yang manusia miliki. Dipanah seribu panah sekalipun orang tidak dapat memaksakan hati orang lain.


Hati juga tidak dapat dipaksakan untuk membenci karena jika di dalam hati manusia ada kasih sayang sedikit saja, maka meski sekuat apapun manusia dipaksa untuk membenci tapi tetap tidak akan bisa, hati itu akan berontak, karena hati (cinta) itu seperti batuk yang tidak dapat ditahan dan disembunyikan. Ada orang bilang orang yang berpembawaan keras, berbicara keras di“tuduh” tidak baik, tidak punya hati ...padahal tidak selamanya begitu, banyak orang yang penuh kelembutan tapi di dalam hatinya penuh dengan kebusukan. Rupa yang cantik nan elokpun tidak menjamin memiliki hati yang cantik.




Hati oh hati...semoga diterangi oleh cahaya sehingga hati selalu bersih, sehingga melakukan sesuatu berdasarkan ketulusan...



Bobby, sang pelipur lara telah pergi untuk selamanya...

Bobby in loving memory Jiwa yang baik telah pergi Rabu, 26 Desember 2018. Bobby pergi dalam usia 13 tahun dengan berbagai probl...