Wednesday 20 August 2014

Jogja Istimewa : Anjingpun Memeriahkan FKY Ke 26

Mamba (Siberian Husky) sedang menunjukan kebolehannya di FKY  Ke 26 (Photo: Jogja Town Golden Retrievers)

JOGJA MEMANG ISTIMEWA.. Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) merupakan acara seni dan budaya yang diadakan setiap tahun di Yogyakarta/Jogja. FKY diselenggarakan oleh pemerintah kota Yogyakarta. Berbagai macam acara diselenggarakan, biasanya berbentuk kesenian dan atraksi kebudayaan. 

FKY ke -26 ini telah dibuka secara resmi oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X pada hari Rabu, 20 Agustus 2014 di Tugu Yogyakarta.  Masyarakat Yogyakarta dan wisatawan tumpah ruah, tidak perduli tua muda semuanya turun ke jalan Jenderal Sudirman hingga Tugu dan sepanjang jalan Malioboro. Dalam FKY yang ke -26 ini panitia juga menyediakan sebanyak 26 Angkringan gratis untuk masyarakat dan juga wisatawan.

Selain pawai seni dan budaya, FKY ke 26 ini juga dimeriahkan dengan partisipasi pecinta anjing (dogs lovers) yang membawa anak kaki empat mereka (anjing) untuk ikut pawai. Keikutsertaan para anjing ini menunjukan kepedulian pemerintah Jogja dan juga para pecinta anjing di Jogja untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk hidup damai bersama makhluk lain (anjing) bahwa :
Anjing bukan untuk ditakuti
Anjing bukan untuk dimusuhi
Anjing bukan untuk disiksa
Anjing bukan untuk dibunuh
Dan
Anjing bukan makanan (Dogs Are not Food)
TAPI Anjing adalah teman manusia
Anjing bisa dilatih untuk menjaga sawah/ladang/rumah/toko
Anjing bisa menuntun orang buta/cacat
Anjing bisa menjadi teman manusia

Dalam atraksi ditampilkan dalam FKY para anak kaki empat menunjukan kebolehan mereka melompat dan berbagai keahlian lainnya. Semoga acara ini akan berlangsung terus menerus dan masyarakat dapat melihat bagaimana anjing dapat menjadi teman serta memiliki manfaat.

Semoga pemerintah daerah lainnya akan meniru apa yang dilakukan oleh pemerintah Kota Jogja. Selama ini diberbagai daerah sudah banyak para pecinta anjing yang mensosialisasikan dan menolong anjing yang disiksa oleh orang orang yang tidak mengerti dan tidak memiliki empati, kasih sayang terhadap anjing, apalah daya para pecinta anjing jika tidak didukung oleh kebijakan pemerintah daerah dan pusat. Semoga undang undang terhadap pelindungan hewan dapat dijalankan dinegara kita ini. Orang yang melakukan penganiyaan apalagi pembunuhan semena mena terhadap anjing atau hewan apapun haruslah mendapatkan hukuman.

Anjing juga memiliki hati dan jiwa, sama seperti manusia. Marilah kita hidup damai bersama hewan dan tumbuhan. Mereka juga punya hak untuk hidup dengan damai di bumi ini..

Tabik! untuk pemerintah Kota Jogja, terima kasih telah memberikan kesempatan para anjing untuk memeriahkan acara FKY...Jogja Memang Istimewa..

No comments:

Post a Comment

Bobby, sang pelipur lara telah pergi untuk selamanya...

Bobby in loving memory Jiwa yang baik telah pergi Rabu, 26 Desember 2018. Bobby pergi dalam usia 13 tahun dengan berbagai probl...