Monday 10 February 2014

MALAYSIA


Sama halnya dengan Singapura, Malaysia juga punya tempat khusus di hati saya. Dulu sewaktu tinggal di Singapura saya sering berlibur dengan kawan kawan, salah satunya ke Malaysia. Kemudian saya pernah bekerja disebuah lembaga budaya yang membuat saya sering bolak balik ke Malaysia. Selain itu Malaysia mempunyai budaya yang hampir sama dengan rumpun Melayu di Sumatera, dimana kedua orangtua saya berasal. Keluarga kami merupakan suatu keluarga besar yang banyak melakukan kawin campur dengan suku suku lain tapi karena nenek saya adalah orang Minang maka otomatis ibu saya juga dan otomatis juga saya menjadi orang Minang. Minang menganut sistem kekerabatan yang berasal dari Ibu.

Di Malaysia jika kita pergi ke Negeri Sembilan maka akan serasa berada di wilayah Minangkabau. Dari arsitektur bangunan sampai makanan dan bahasa mereka sangat mirip dengan Minang. Alasan emosional inilah yang membuat saya dekat dengan Malaysia, selaian banyak juga kerabat dari Almarhum Ayahanda saya menjadi warna negara Malaysia.

Secara pribadi saya tidak melihat Malaysia sebagai "musuh", bagi saya Malaysia adalah saudara serumpun yang sejak nenek moyang berkaitan dengan Indonesia. Jika adapun masalah antara Indonesia dan Malaysia, itu masalah politik semata mata. 

Daripada pusing memikirkan masalah politik, dan menebarkan kebencian hanya akan membuat jiwa kita menderita, lebih baik kita berlibur:)  Dan Malaysia memiliki  banyak tempat menarik yang akan anda jumpai di sini:

1. Menara Kembar (Pentronas Tower)



Malaysia, 2009



Menara Kembar Petronas ini merupakan ikon pariwisata Malaysia yang dijadikan sebagai gantungan kunci, magnet kulkas dan lain sebagainya. Belum lengkap ke Kuala Lumpur jika belum ke sini. Di dalam Menara Kembar ini terdapat beberapa mall yang menjadi incaran wisatawan yang punya hobi berbelanja. 

2.  Menara Kuala Lumpur ( KL Tower)

Di atas menara ini anda dapat melihat pemandangan Kota Kuala Lumpur. Jika malam hari akan tampak lebih indah dengan kilauan cahaya lampu.



3. Masjid Putra Jaya






Bergambar di depan Kantor PM Malaysia


Masjid ini adalah masjid favorit saya karena kubahnya berwarna pink sesuai warna kegemaran saya. Masjid ini memiliki 9 kubah, masjid dapat menampung jemaah sekitar 1500 orang. Masjid berdiri diatas danau Putra Jaya.  Masjid Putra Jaya memiliki ornamen ukiran yang sangat indah. Masjid ini juga berdekatan dengan kantor Perdana Mentri Malaysia.

4. Jembatan Putra Jaya

Jembatan ini terinspirasi oleh jembatan di Iran yang bernama jembatan Khaji. Jembatan Putra Jaya ini memiliki fungsi untuk menghubungkan kawasan pusat dengan pinggiran. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 440 M. Jembatan Putra Jaya ini malam hari akan memancarkan cahaya biru keungu-unguan.


5. Aquaria KLCC

6. Istana Negara

7. Muzium Negara

8. Dataran Merdeka

9.Batu Cave

Batu Cave, 2014

Batu Cave 2013
Batu Cave adalah bukit kapur. Bukit ini memiliki serangkaian gua dan di dalam gua terdapat kuil untuk umat beragama Hindu. Batu Cave adalah pusat Thaipusam di Malaysia. Gua ini merupakan gua populer di luar India. Untuk masuk ke gua di atas bukit anda harus menaiki 272 anak tangga.



10. Istana Negeri Menanti (Negeri Sembilan)




11. Istana Kesultanan Melaka (Melaka)





Replika Istana Kesultanan Melayu di Melaka di dirikan dengan tujuan utama untuk membangun semangat dan kegemilangan zaman kejayaan Negeri Melaka. Replika istna ini mulai dibangun bulan Oktober 1984 dan selesai pada tahun 1986. Peresmian replika Istana Kesultana Melaka ini diresmikan pada tanggal 17 Juli 1986 oleh Perdana Mentri Malaysia Dr. Mahatir Mohammad.


12. Benteng A'Famosa  (Melaka)

Benteng A'Famosa adalah salah satu peninggalan bersejarah di Melaka. A'Famosa berarti terkenal. Benteng ini merupakan peninggalan penjajahan Inggris. Usia benteng ini diperkirakan lebih dari 500 tahun. A'Famosa didirikan pada tahun 1511 oleh Alfonso D'Albuquerque. Benteng ini merupakan gerbang dibelakang komplek Portugis Porta De Santiago yang dahulunya merupakan benteng dengan empat menara utama. Menara tersebut merupakan tempat penyimpanan senjata, ruang kaptendan tempat para perwira. Porta De Santiago kekuatannya mulai goyah ketika Belanda menguasai Melaka. Benteng ini lumayan tinggi. Untuk sampai ke benteng ini kita harus terlebih dahulu menaiki anak tangga yang jumlahnya cukup banyak. Di atas kita akan menemukan beberapa meriam yang merupakan peninggalan tentara Ingrris. Juga terdapat ruangan yang merupakan tumpukan batu bata merah di dominasi cat warna putih yang telah mengelupas.

13. Jalan Joker.

14. Perkampungan Hang Tuah (Melaka)

Replika Rumah Hang Tuah

Perkampungan Hang Tuah terletak di kampung Duyong. Di dalamnya terdapat Hang Tuah centre, serta lima buah rumah Melaka yang mempresentasikan ksatria Melaka. Hang Tuah, Hang Jebat, Hang Kasturi, Hang Lekir dan Hang Lekiu. Luas Perkampungan Hang Tuah sekitar 10 hektar.

15. Makam Hang Tuah (Melaka)





16. Sumur Hang Tuah (Melaka)



17. Masjid Kristal (Terengganu)
Masjid Kristal


Masjid ini terletak di dalam kawasan Taman Tamadun Islam di Pulau Wan Man. Dinamakan Masjid Kristal karena sebagian besar bangunan masjid ini terbuat dari kaca dan baja. Masjid ini memiliki luas 2.146 meter persegi dan berkapasitas 700 jamaah. Selain itu, masjid ini juga dilengkapi dengan jaringan  tekhnologi dan jaringan WiFi sebagai akses internet untuk membaca alquran elektronik.

18. Masjid Terapung (Terengganu)


Masjid ini terletak kurang lebih 4 km dari pusat Kota Kuala Terengganu. Masjid ini sangat indah dan memiliki keunikan tersendiri dengan masjid lain. Masjid ini dibangun di atas air muara Sungai Ibai.

19. Taman Tamadun Islam (Terengganu)


Taman Tamadun Islam (TTI) adalah sebuah taman yang mengusung tema tentang keunggulan seni arsitektur Islam dari seluruh pelosok dunia yang terletak di Pulau Wan Man. Taman ini berisi replika replika masjid dari seluruh dunia. Jika anda belum berkesempatan mengunjungi masjid masjid bersejarah di berbagai belahan dunia lain, mungkin TII dapat mewakili dari beberapa masjid terkenal di dunia untuk melihat kebesaran Islam.

20.Pulau Redang (Terengganu)

21. Pantai Batu Buruk (Terengganu)

22.Musium Negeri Terengganu

Musium ini adalah musium terbesar di Asia Tenggara dan terkenal sebagai musium Losong dikalangan masyarakat setempat. Musium ini telah dibuka secara resmi oleh Sultan Terengganu Sultan Mahmud Al-Muktafi Billah Shah pada 20 April 1996. Musium ini menyimpan berbagai peninggalan artefak sejarah. Musium berada sekitar 3 kilo meter dari Kuala Terengganu. Di pintu masuk kita akan menemukan replika batu bersurat sebagai simbol masuknya Islam ke Terengganu.


23. Musium Peranakan Cina (George Town, Pulau Pinang)

24. Blue Mansion (George Town, Pulau Pinang)


25. Kuil Kek Lo si ( Pulau Pinang)

26. Pulau Langkawi (Kedah)

27. The Lost World of Tambun (Perak)

28. Cameron Highland (Perak)

29. Lagoland (Johor)

30.  Genting Highland


31. Dan masih banyak tempat menarik lagi di Sabah dan Serawak

#Malaysia#Negeri Jiran#Negeri Serumpun#Petronas#KLCC#Libur#Cuti#

No comments:

Post a Comment

Bobby, sang pelipur lara telah pergi untuk selamanya...

Bobby in loving memory Jiwa yang baik telah pergi Rabu, 26 Desember 2018. Bobby pergi dalam usia 13 tahun dengan berbagai probl...