Sunday 9 February 2014

SINGAPURA


Singapura punya tempat khusus dihati saya. Banyak kenangan terukir di sini.  Pernah tinggal disini menjadikan Singapura punya ikatan batin buat saya. Singapura adalah negara pertama yang saya kunjungi. Saya memiliki ibu angkat, dan teman teman yang baik sekaligus positive dan selalu mendukung saya selama merantau di negeri Singa ini. I Love you guys!

Singapura dulunya merupakan pos dagang kerajaan Sriwijaya di Sumatera yang diberi nama Temasek, dalam bahasa Jawa Temasek berarti Kota Laut. Temasek merupakan bagian dari Kesultanan Johor. Sejak Raffles mendarat di Singapura dan melihat potensi strategis yang dimiliki oleh Singapura untuk menjadi pos dagang Inggris. Wilayah Singapura yang tadinya dimiliki oleh Kesultanan Melayu berubah kepemilikan menjadi wilayah kekuasaan Inggris. Kekalahan Inggris dalam perang dunia kedua, kemudian Singapura mengumumkan kemerdekaannya tahun 1963 dan bergabung dengan Malaysia dan kemudian 9 Agustus 1965 Singapura mendirikan Republik Singapura dan melepaskan diri dari Malaysia dengan presiden pertama Yusuf Bin Ishak dan Perdana Mentri Lee Kuan Yew.

Pada masa sekarang Singapura adalah negara tetangga kita yang memiliki daya tarik yang kuat bagi para pelancong dunia. Gedung gedung tua bersejarah yang terus dijaga dan dipertahankan, gedung gedung modern yang memiliki arsitektur yang unik, indah dan menarik, taman taman yang terawat dan tertata rapi dan masih banyak objek wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi.

Beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi di Singapura:

1. Esplande Theatre  (Gedung Durian)
Bersama adik adikku pegiat dan pecinta seni budaya Melayu Singapura

Gedung ini lebih dikenal dengan nama lain Gedung Durian, selain dikenal sebagai Esplande Theatre. Gedung ini adalah gedung pertunjukan dan juga merupakan pusat hiburan dan pusat seni di Singapura. Gedung ini juga menarik untuk pelancong karena arstitekturnya yang unik menyerupai buah durian. Tempat ini menarik untuk difoto pada malam hari saat cahaya lampu menambah indah arsitekturnya. Di dalam Esplande terdapat toko toko yang menjual barang barang menarik dan juga tersedia tempat terbuka untuk pertunjukan seni gratis bagi para pengunjung.

2. Universal Studio
Untuk masuk ke Universal Studio menikmati fasilitas dan permainan yang di dalam taman hiburan ini memang cukup mahal. Tapi jika hanya untuk berfoto di depan bola dunia yang berputar dan menjadi ikon Universal Studio tidak perlu masuk karena berada di bagian luar saja.

3. Jembatan  Henderson Wave
Jembatan Henderson terbentang di atas ketinggian 36 meter di jalan Henderson Road. Ketinggiannya sekitar 60 m dari permukaan laut dan panjangnya 274 meter. Jembatan ini menghubungkan antara Mount Faber Park dengan Telok Blangah Hill Park. Tempat ini menarik untuk dikunjungi dan berfoto.

4. Marina Bay Sands

Bangunan ini menjadi ikon baru di Singapura, arsitektur yang unik, modern dan megah dapat terlihat dari Esplande dan Merlion Park. Tempat ini juga menarik untuk berfoto terutama pada malam hari ketika cahaya lampu berpendar mengelilingi gedung.

5. Patung Merlion
Patung Merlion adalah ikon utama negeri Singapura. Patung Merlion menjadi ikon pariwisata Singapura mulai dari brosur, gantungan kunci, magnet kulkas, T-Shirt (kaos), gunting kuku, coklat berbentuk Merlion dll. Merlion berarti  Singa Laut. Konon mitosnya adalah bertubuh ikan dan berkepala Singa. Ini adalah maskot pariwisata yang dipakai oleh Singapura.

6. Helix Bridge
Helix Bridge adalah sebuah jembatan pejalan kaki yang panjangnya sekitar 280 meter dengan desain melingkar yang unik dan jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Singapura. Malam hari jembatan ini semakin cantik dan indah karena lampu lampu yang berganti warna setiap malam.

7. Art  Science Museum
Bangunan ini juga unik, bangunan ini seperti bunga lotus yang mekar. Berbagai pameran di gelar disini. Bagian luar gedung ini sangat menarik bagi pencinta photografi dan arsitektur untuk diabadikan.

8. Kampong Glam
 Istana Kampong Glam

Kampong Glam nama asalnya Kampung Gelam. Gelam adalah nama pohon yang banyak tumbuh di Singapura.  Kampung Gelam menjadi tempat awal masyarakat Bugis dan Jawa di Singapura. Ada beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi di sini : Istana Kampong Glam, Masjid Sultan, Taman Warisan Melayu.

9. Orchad Road

Orchad Road adalah salah tujuan utama pada pelancong ke Singapura.  Bagi yang punya hobi berbelanja barang barang bermerk dunia maka di sini banyak outlet outlet terkenal. Tempat yang menarik untuk berfoto adalah di depan Mall Takashimaya dan papan yang bertuliskan Orchad Road di dekat Lucky Plaza Mall atau di depan Mall Ion Orchad.

10. Jurong Bird Park
Jurong Bird Park adalah taman burung. Berisi berbagai jenis burung di seluruh dunia.

11.  Singapore Zoo & Night Safari
Night Safari dilakukan pada malam hari. Kita mengamati hewan hewan yang aktiv di malam hari. 

12. Garden By The Bay
Sebagai pecinta tanaman tempat ini sangat menarik untuk saya. Taman ini berisi koleksi tanaman langka yang ditempatkan dalam rumah kaca yang arsitekturnya seperti kerang. Untuk masuk ke dalam taman ini tiket masuknya cukup mahal. Luas taman ini sekitar 101 hektar.

13. Sentosa Island

Pulau Sentosa terpisah dari negara Singapura. Pulau ini berdekatan dengan Batam. Pulau ini seperti Ancol di Jakarta yang memiliki banyak aneka jenis hiburan. Pulau ini sangat bersih, rapi, taman tertata indah, banyak atraksi, hiburan dan kuliner. Satu hari tidak cukup untuk berkeliling di pulau ini.

14. Bugis Street
Pelancong yang mencari oleh oleh yang murah maka tempat ini sangat cocok, berbagai beraneka suvenir dengan harga relatif murah ditawarkan di sini.

15. China Town
Beberapa tempat yang terkenal di China Town adalah People's Park. Tempat yang menarik di sini adalah Kuil Hock Keng, Pura Sri Marimaman dan Smith Wet Market dan food street.

16. Liitle India
Little India berada di Serangoon road. Little India merupakan pusat masyarakat India di Singapura. Untuk berbelanja di Little India selain banyak toko toko disepanjang jalan, terdapat juga sebuah pusat perbelanjaan yang besar yang lengkap dari perhiasan etnik, emas, sari dan berbagai suvenir cantik dan murah.

17. Kampung Arab (Arab Street)
Kampung ini merupakan pusat masyarakat muslim dan di sini terletak masjid Sultan yang berdekatan dengan Istana Kampung Glam dan Taman Warisan Melayu

18. Haw Fa Villa
Haw Fa Villa adalah taman yang berisi patung patung dalam budaya Cina. Terdapat juga Patung Laughing Buddha dan Patung Dewa Kasih Sayang dan patung pengadilan neraka. Lokasi How Far Villa berada di Pasir Panjang road.

19. Clarke Quay & Boat Quay
Inilah pusat wisata kuliner dan tempat hiburan yang meriah. Restaurant dan kafe yang bagus, klub jazz. Ini tempat berkumpulnya para pelancong dunia untuk makan dan bergembira. Salah satu cara yang mengasyikan menuju tempat ini anda dapat naik kapal kecil di depan Esplande sambil menyusuri sungai dan  melihat patung Merlion, Marina Bay Sands.

#Singapura#Singapore#Libur#Cuti#Holiday#Merlion#Esplande#Sentosa Island#Marina Bay Sand#wisata#melancong#


No comments:

Post a Comment

Bobby, sang pelipur lara telah pergi untuk selamanya...

Bobby in loving memory Jiwa yang baik telah pergi Rabu, 26 Desember 2018. Bobby pergi dalam usia 13 tahun dengan berbagai probl...